Monday 30 January 2012

UJUNGNYA PE-GA-WA-I

ini udah jam 13.16
terlihat di pojok kanan layar monitor gw sepucuk jam digital kecil.
wah, gw mau ngapain yah siang gini?
status pengusaha muda yang belum terlalu sibuk ini membuat gw kadang jd
luntang lantung ga karuan.

Bangun jam 2 malam, lapor ke Gusti Alloh, setengah jam abis laporan malam,
tidur lagi, bangun jam setengah 5 buat dateng ke perjamuan acara pagi Alloh di
Masjid Al-Muhajirin deket rumah yang memang selalu diadakan setiap hari dan setiap pagi.
pulang dari acara itu, diem di depan tv longokin si ustad paporit (favorit) yusman-Yusuf Mansur.
Dengerin kurang lebih setengah jam ceramahan kocak ala orang betawi asli yg jd penceramah terkenal sekarang.



Ceramah abis, ya tidur lagi, masih sangat lelah mata untuk hanya sekedar menonton berita tentang tabrakan beruntun yg berujung pada gosip dan berita murahan lainnya ttg DPR.

suara ketak ketok berseliweran di sekitar kamar, entah siapa yg sedang bangun rumah tp gw bangun akhirnya.
jam 9 itu gw langsung berdiri tegak menantang waktu bahwa gw itu BUKAN PEMALAS.
ambil wudhu, laporan lagi sama Alloh tentang permintaan gw yang baru gw susun semalam.
15 menit kurang lebih udeh beres laporan, itung-itung absen pagi.

ngapain yah sekarang?
online deh cek imel-email bukan imel tetangga sebelah.
baca-baca sama inget-inget apa aja yang mau gw lakuin hari ini.
oh iya...UPDATE BLOG!

cihuy...nulis..nulis...
sampe pada saatnya ini gw sedang nulis.
di blog kesayangan kita semua. hehehehe...DEAL??!

jd gini, beberapa hari lalu tepatnya rabu malam gw dateng ke sebuah seminar besar di daerah bekasi membahas tentang bisnis.
yah, Bisnis...bukan seminar pekerja.

disana banyak perbedaan antara pegawai dan pebisnis, snagat jomplang, sangat jauh, sangat berbeda.
gw lebih suka di ledek diawal daripada gw ga bisa ngeledek org yg gw ledek di akhir nanti. hehehe...

nih gw ceritain kenapa gw suka banget sama pengusaha,

1. Pengusaha itu jelas-jelas PEJUANG SEJATI.
2. Pengusaha itu PEJUANG RAKYAT.
3. Pengusaha itu PEMIMPIN orang-ornag DPR yang BEDEB*H
4. Pengusaha itu jati diri gw. hehehe...

semua yang punya resiko besar, akhirnya juga berujung pada hasil yang besar.


lakukan hal yang berbeda maka kau akan mendapatkan hal yang berbeda pula.

pengusaha kenapa jd tujuan gw?
nih yah denger..eh baca bae bae...

Pengusaha itu bisa KAYA, bisa SEHAT, bisa TERKENAL.
Pegawai tuh, SULIT KAYA, KEPIKIRAN BUAT SEHAT, MINIM TERKENAL.

Pegawai : mau kaya?nabung aje kudu sampe keringetan, belon buat sedekah, makan sehari hari, buat ongkos transportasi, nabung-nabung buat kesehatan kali kali ada sakit ape gitu dari pihak keluarga soalnye kalo sakitnya diri sendiri kebeneran di tanggung kantor itu juga ada limitnya.

kepikiran terus sama kesehatan, soalnya kalo aja sakit bisa kacau pemasukan di ATM, bisa runyam rencana bulan kemarin, padahal uang udah di tabung buat ke DUFAN, SNOWBAY, BELI IPOD TOUCH...hemm...eh mau sehat tp kerjanya lembur aje,berangkat matahari belon ngintip, pulang matahari udeh ganti Shift sama bulan, adeeeehhh.....makan juga cuma di warteg atau nasi uduk tadi pagi bekel dari rumah.

mau terkenal?
buset, bisa sih ini nih, terkenal dengan keadaan yg melarat, walau ga semua, tp yah...sebagian besar begitu, maksud terkenal disini adalah terkenal bisa membantu orang dengan sesuka hati tanpa mikir panjang mau minjemin duit, bayarin anak tetangga sekolah, biayain tetangga yg udeh nenek nenek tp belon sempet haji.

kira kira begitu dah...

Pengusaha mah kebalikannya.

Mau kaya, yah udeh pasti walau dulunya susah banget cari modal tp sekarang di kejar-kejar pemodal.

mau sehat atau ga, itu ga masalah, tinggal sedekah setiap hari, pasti di sehatkan.

mau terkenal,itu lebih mudah lagi.


Pada dasarnya orang melihat HASIL dari sesuatu bukan dari PROSESnya...tp manusia INDONESIA itu kebailkannya..mereka cenderung bertanya tanya akan proses, bingung kalo nanti susah gini gitu...padahal kan belum di lakuin, urusan hasil itu mah ude bukan kite yg atur kan.

sedangkan menjadi PEGAWAI, mereka ga memikirkan prosesnya tp gaji akhirnya, padahal ni yah ujung dari seorang PEGAWAI itu cuma 1 dan ada 3 jalur menuju itu, ujungnya yaitu BERHENTI.
jalurnya lewat PHK, RESIGN, PENSIUN.

1. PHK, siapa yang tau? siapa yang mau? ga ada yg bisa tau dan mau kan tp andai dilanjut juga tetep aja ada masa berhenti kelak yg namanya PENSIUN.
2. RESIGN, biasanya ini jenuh dan bosan atau kesal dengan lingkungan kerja yang saling sikut-sikutan serta jilat jilatan. atau bahkan sadar akan kemamuannya bukan disana. intinya mah berhenti juga sih.
3. PENSIUN, inilah ujung dari ujung pegawai, nah kalo aja udah sampe ujung ini, mau ngapain?baru mulai bisnis??kira-kira nih pensiun tuh umur berapa sih? 50an deh taro yah biar bulet.
kira-kira masih semangat umur 50 gelutin bisnis?dapet tuh uang pesangon buat buka bisnis?kira-kira yg namanya bisnis bakal jatoh dulu ga?PASTI. nah siap ga tuh diumur segitu baru rintis dan ngerasain jatoh bangun?
PIKIR!
apapun ujungnya, ga ada jaminan baik di jabatan PEGAWAI. gw yakinin, jangan lama-lama jd pegawai. boleh jadi pegawai cuma tentuin sampe kapan, 3bulan, 6 bulan atau setahun, jangan lama-lama, entar kebiasaan jd oang yg terbiasa nyaman, padahal kerja di JAKARTA yg ga nyaman tp bisa bisanya nyaman di keadaan kaya gitu.
analoginya tuh kalo jd pegawai di JAKARTA kaya kodok yang dimasak di air hangat, dia gatau kalo lg dimasak jd santai aja, sampe pada saat dia matang dia akan di santap, tp kalo jd pengusaha bagai katak di cemplungin di air mendidih yg dia akan berusaha terus melompat karena tidak nyaman.

jd pegawai itu baiknya cuma buat ngerasain gimana sih perasaan pegawai tuh, biar kita ga semena mena kelak sama bawahan kita, juga biar ngerasain kerja keras orang tua kita tuh gimana sih, cukup keras dan ga banyak menghasilkan jd mending jangan tiru. gitu loh.

yah...tapi sih PEGAWAI apa PENGUSAHA, itu PILIHAN, gw yakin semua mau jd PENGUSAHA tp kadang menjadi PENGUSAHA itu dijadikan pilihan terakhir atau serep. terserah sih. sekali lagi itu pilihan.

berat sama di pikul ringan sama di jinjing....*apaan ini

No comments:

Post a Comment