Wednesday 18 January 2012

DANG!!! namanya belajar

sore ini hujan, tapi udaranya gerah. sepertinya bukan salah cuaca, ini mungkin juga karena ruangan seukuran 2,5 x 2,5 meter yang menjadi tempat gw beristirahat ketika gw memang lelah.

ruangan itu berbentuk persegi, pintu masuk ada di sebelah kanan dari hadapan kita, ketika masuk kita akan langsung melihat meja komputer pendek sekelas meja anak kosan dimana kita bisa melakukan pekerjaan mengetik atau chating dengan pernagkat komputer sembari duduk, lebih nyaman ketimbang dengan bangku dan meja tinggi. sebelah meja ada televisi 21" yang setia menemani gw meramaikan suasana ruangan ketika gw sendirian, sebelahnya ada meja pendek yang berfungsi menyimpan beberapa barang-barang milikku, tingginya ga lebih tinggi dari meja komputer gw, diatas lemari tersebut ada bingkai foto dan jejeran buku-buku yang tentunya bukan buku IPA atau IPS, di depan lemari terdapat kasur yang melintang panjang, kasur busa empuk dengan seprei bunga-bunga yang dipasang oleh ibu gw, entah kenapa bunga, katanya biar kamarnya harum. :)



yah, sudah 3 hari gw ada di rumah dan lebih sering memulai hari di pukul 9 pagi, itupun langsung ketemu Alloh dulu lewat duha, laporan pagi.

seperti mimpi, ketika 3 hari lalu masih harus bergelut dengan orang-orang yang menuju 1 kota besar di arah selatan sana, berhimpit dengan kendaraan bermotor setiap hari setiap pagi.

saat itu aku berfikir kalau saja aku bisa ada dirumah dalam waktu lama, aku akan buat sebuah karya yang bisa menjadi sebuah usaha keluarga. tapi...ketika memang aku sudah 3 hari ada disini, dirumah, aku malah tergolek berdaya menikmati malasnya diri ini yang nyatanya adalah alibi ketika aku ingin memulai bisnis.

tapi segera ku tepis jauh pikiran itu, aku tidak beralibi, aku bersungguh-sungguh ingin berbisnis. lalu aku mulai langkahku membuat jadwal setiap pagi apa yang memang harus rutin aku lakukan, setelah itu aku melakukannya.

pertama bisnisku itu adalah belut gelut, sebuah pembudidayaan belut hidup dengan metode air jernih. memang cepat besar dan lebih menguntungkan namun belum apa-apa gw sudah ingin mengalihkan dan mengembangkan bisnis itu menjadi tidak hanya menjual hidup, tapi ingin menjual makanan olahan dari belut, gw memulai dnegan menanyakan resepnya pada om google, dan berpapasan lah resep itu, save, print, tunjukin ke ayah.

beberapa belutpun kami sembelih dengan membaca Allohuakbar 3x juga bismillah.
susah payah memotong 1 belut saja, setengah mati licinnya. semua beres, pembersihan dan pengulitan selesai, mulai di goreng beberapa dengan bumbu yang sduah tersedia, tapi hasilnya, gaenak, uweeek...asli ini bau amis masih ada, kamipun putar otak gimana caranya, akhirnya mencoba untuk beberapa yang belum digoreng kami jemur, ketika proses penjemuran itu kami tinggal, eh ga kerasa itu udah malam, yasudah kami cek belut olahan itu, dan ternyata kering sempurna namun mud kami pun sudah hilang karena olahan pertama itu membuat lidah kami terasa seperti di jejali makanan basi..iyuuuuhh...akhirnya ditaruh sajalah di tempat penjemuran, esok pagi niat kami untuk merapikan saja lah belut itu, tapi ternyata LENYAP..mungkin kucing, mungkin tikus, mungkin hewan lain bernama JAJANG, yah...sudahlah.

belut pun terbengkalai. si babeh mulai malas dan jenuh juga, gimana dengan pemiliknya yang notabene adalah gw. hahahaa...sudahlah..darah moody ini memang menurun.

beralih untuk mencoba bisnis baru, ini berbau makanan, yah namanya sambosa. makanan arab. pernah nyobain di rumah nenek saat itu, rasanya JUARA!asli ga bohong..pedes-pedes nikmat, parah, itu gw kudu bisa nih bikin.

inget itu, inget bayangan nikmatnya menggigit sambosa pedas dengan daging didalamnya, yg gw bayangin adalah gimana kalau gw bikin yang ada isi keju mozarellanya, jd bisa melting di lidah...cesssss....duuuuuuuhh....pedas tambah keju ynag gurih sepertinya makin JUARA!

akhirnya keputusan jatuh di tangan om google, dia nyariin resep yang gw mau.

ketemu beberapa tapi anehnya beda-beda. asli gw rada ragu, tapi namanya belajar dan nyoba, ga bole rau 1 tetes pun.

gw keluarin mobil saat abis gw print tuh resep. gw ajak ade gw yang badannya kaya gorilla, yah selain bertugas menjaga gw dia juga bisa buat angkat-angkat sekalian dorong-dorong trolly (semoga dia ga baca artikel ini). eh gw emang pergi naik mobil, tapi bukan mau gw, mau si adik gw, dia belagu, gw ajakin naik motor dia ogah, pas gw bilang yaudeh gw naik mobil ahh...eh dia baru bilang..'GUE IKUT KAK!' tuh...parah kan.

sampe di salah satu supermarket murah yang katanya itu milik negara tetangga.
masuk sambil dorong trolly (awalnya masih gw yang dorong). celingak celinguk cari tempat terigu dan kebutuhan lainnya, niat beli bahan doang, eh si adik numpang belanjaan, yah sarimie duo nya ting ting, pewangi ruangan, dll...boncos dompet, ga tau kali kakaknya udeh jd pengangguran, tp gw yakin dia tau kakaknya pengusaha sukses. amin.

dirumah, sebelum masak, gw mau kasih kejutan ke bokap dengan memarkirkan mobil kedalam garasi dimana garasi gw itu sempiiiiiiiit banget sampe sampe babeh aja yang udeh lihai pernah nabrakin mobil ke jendela kamar, hahaha..gw fikir sih itu masalah umur yah, sama masalah feel, asik*. kebeneran si babeh ga ada, yaudeh gw coba ajalah masukin, kalo ada die, kaga bakal boleh, gw sekalian belajar, si adik gw yang bertugas sebagai PARKIRERS..atau tukang parkir.

terus..terus...mundur ka...eiittsss..awas ka tembok...ya maju lagi...yooo..trus trus.......
DANG!!!
apaan tuh de?
yah ka, nubruk!
hahahahaa...gw sontak bimbang antara nerusin sama udeh ah parkir luar aje, tp semua kondisi akan sama aja malah akan jauh lebih mengejutkan.

liat de..
yah ka, baret, dikit sih,
mampus dah!
ga apa-apa kali ka, dikit ini, udeh terusin
iya yah, yaude deh.

pikiran gw saat itu gini.

kalo gw taro luar trus ada baret pasti gw nanti disangka nabrak apa-apa dijalan, dan gw ga akan dibolehin lagi nyetir, nah kalo masukin ke dalem walau diomelin paling ga kan bokap juga pernah kaya gitu dan gw jg berhasil parkirin tuh jadi ada lah nilai plus nya, hehehe...

SUKSES!rapih, berhasil. tp tetep gw deg degan.

sudahlah, gw masak aja mendingan.

cerita gimana gw bisa masak, mungkin nanti ada artikel khusus, intinya itu semua berawal dari Gen nenek gw, ibu dari ibu gw.

ini itu gw cincang, potong, iris, tumis, oseng, dll.

bikin kulit sambosa itu lebih sulit dari belajar naik mobil matic.

percobaan pertama adonan terlalu keras dan lengket tapi tetap digunakan untuk memasak sambosa gagal, tp enak kok. :d

percobaan kedua yang dibantu langsung dari keturunan nenek gw yaitu ibu gw, eh kulitnya kelembekan, basah, karena dengan sok taunya menyampurkan sesuatu kedalamnya padahal ga ada di resep. hahaha...tapi tetap juga di masak dan enak-enak aja buat yang lagi lapar mah.

percobaan ketiga itu hari ini, tadi jam 10 siang, gw coba iseng bikin ramuan sendiri, dan hasilnya...TADAAAAAAAAAAA!!!!!!!!!! PERFECTO!
gw mulai tau..latihan itu bikin smeua sempurna, yah..benar..gagal itu cuma perlu dikasih senyum entar jadinya ga akan pahit.

sekarang gw siap di panggil CHEP DAPOY...hahaha...DEAL?!

1 comment:

  1. hahahhaaa..kacian tuh ci mobil kak..^^
    waaahh, suatu hari nanti kalo aq pulang..mau nyobain aahh sambosa bikinan kk langsung.h0h00

    ReplyDelete