Friday 2 November 2012

WAROENG KATSU edisi 1


Oyyyyyy DEALERS!

Sehat?
Semoga selalu yah.
Kantong gimana? Sehat juga kan? mudah-mudahan selalu dicukupi yah. aamiin.

mau share kisah baru nih.
Tragedi nyata yang emang sulit di lupakan dan sudah di alami oleh banyak pengusaha muda yang berbasis islami.  hehehehe...:)

Gue udeh bilang kan kalo gue punya usaha baru namanya WAROENG KATSU ? kalo belon, baca lg 1 artikel sebelum artikel ini.

Nah mau tau darimana ini bisnis ada?

awalnya gini. (serius) *hening*



Gue dulu punya usaha Double Bubble, minuman yang lg ngetrend banget di kalangan ababil bekasi. Tapi singkat cerita 3 bulan berjalan ko ga ada perubahan berarti di hidup gue, padahal gue jualan dan jalanin syarat-syaratnya dengan baik, ya doa, mampir masjid tiap adzan, sedekah, silaturahim, APAPUN, tapi ko mana yah? mana janji itu? malah gue makin di kucilkan dirumah. aneh. tapi tetap percaya bahwa Allah lagi liat keseriusan gue buat BENER.

Singkat cerita gue tiap bulan puasa gue suka nonton tuh Chating Dengan YM yg ustadnya papoorit gueh. Ustad Yusuf Mansur. Elmunya masuk banget ke otak gue. Gak menggurui tapi kok gue nurut.

Nah di acara itu hadir tuh pengusaha-pengusaha muda. Ada ippho,Haji Iyus pemilik RM CIBIUK, Hendy KEBAB BABA RAFI, dan JODY WAROENG STEAK and SHAKE.
bahas deh satu-satu awal mulanya gimana, dan ternyata banyak kemiripan, begitu juga dengan gue. yah salah satunya adalah mereka TIDAK dengan 1 kali bisnis langsung SUKSES, ada tahapan-yahapan usaha yang jatuh dan bangun. Ada tahapan dimana mereka juga TIDAK KENAL ALLAH, maka di tahap itu mereka JATUH. nah gue sadar, jangan sampe deh jatuh, harus segera KENAL.

Nah Bokap gue adalah Penentang nomer 2 setelah nyokap gue dimana mereka punya 1 MILIYAR alasan juga argumen dimana bersikukuh menyuruh gue KERJA KANTORAN. Sebenernya semua Rejeki BAIK, darimana aja baik, mau Pegawai atau Pengusaha tp sebaik-baiknya orang kan yang bisa bermanfaat bagi orang lain. Nah gue mau jadi salah satu yang bisa bermanfaat itu. Dan sebenernya ada banyak alasan lain yang udah gue ungkapin di artikel sebelumnya, jadi gue NEXT aja.

Bokap pernah mau BAKAR BOOTH DOUBLE BUBBLE gue, Nyokap pernah acuh sama gue. tp gue tetep doa biar Allah bukain hati MEREKA, biar 1 jalur sama gue.
40 hari gue kencengin jidat sama dengkul, eh gak sampe tuh 40 hari jawaban dateng.
tiba-tiba di suatu hari bokap gue bilang, 'Kak, tuh ada artikel tentang Waroeng Steak and Shake di majalah DAQU'
FYI aja yah dealers, nyokap gw kebeneran daftar di DAQU buat nyetor gajinya tiap bulan, jadi tiap bulan jg dapet majalah dari DAQU.
Eh gue bilang, 'iya yah? mana coba kakak baca ya yah'
selesai baca gue bilang, 'yah tau gak STEAK n SHAKE dimana?' ,'Gak' jawab ayah gue.
'itu loh yah yang kemaren kita makan buat ngerayain ultah Haris (adik gue)'
'ooohh...iya iya, enak ya kak tempatnya..'
'iya itu mah cabang yang kesekian yah.'
;wah enak yah kak kalo udah begitu'
'lah yah...semua yang besar itu awalnya kecil, kan ayah baca nih di artikel gimana dia dulu kan?'
'iya sih.'
'nah itu yang mau kakak lakuin.'
'kakak serius mau bisnis?'
'serius lah..uda kepalang basah'
'yaudah ayah bantuin ngomong sama ibu deh gimana?'

JEGEEEEERRR!!!!

Kalau Allah udah turun tangan, semua hal akan mudah.
ini seperti kisah Umar yang dulunya penentang Rasul yang amat dahsyat tp berbalik menjadi pendukung Rasul yang SETIA.

next.

Nah ada ilmu dari Mas Jody yang emang juga gue praktekin, dia dulu jualan susu kedelai pake gerobak kecil macam boot bubble gue, akhirnya dia sedekahin buat dapet usaha yang lebih besar dengan konsep itungan Matematika Allah.

Gue juga dong cobain, akhirnya gue sedekahin booth gue bakal adik gue, biar dia kelola, belajar bisnis dari kecil, dia mau dan setuju.
nah gue doa deh abis itu. hehehehee...

Sore hari ibu gue pulang kerja, ngobrol santai di ruang tamu. Terus ibu nyeletuk 'kak, emang bener mau bisnis sama ayah?'
loh...gue kaget, kan belum ngomong.
ternyata babeh gue udeh sms duluan kali.
nyokap disuruh baca artikel Jody waroeng dulu tuh.
Selesai, terus gue di todong deh, 'MAU BISNIS APA? JELASIN KONSEPnya'

WOOOOOOWWWW!!!!

bla bla bla....intinya gue mau bisnis kuliner yang saat itu gue berfikir mau buka SOTO BETAWI HAJI URI atau STEAK RAKJAT.
Oke DEAL. nyokap bokap setuju STEAK asal gue bisa ngolahnya gak.

Akhirnya gue seneng tapi tetep gue lakuin tahap Allah Dulu, Allah Lagi, Allah Terus dong...:)
Malem gue solat, Laporan sambil BAWA CATETAN KECIL berisi nama-nama bisnis yang mau gue jalanin. gue inget ada 5 bisnis disana, gue solawatin doain minta tunjukin yang pas apa.

Paginya masih bingung. tp gue ambil keputusan STEAK aja deh cakep kayanya.
gue cari resep di internet, nanya Om gue yg koki juga, beli bahan buat testing. -___- mahal coy daging.
singkat cetita gue udeg berhasil deh bikin STEAK dengan sausnya.

gw liat lg catetan kecil itu, bener ga sih bisnis ini yang gue pilih. Coba yakinin. Pikir. EH GAGAL.
GAK JADI.
DAGING MAHAL dan ga akan bisa dijual murah.
terus gimana dong? kalo gue ganti konsep, nyokap bisa-bisa nyangka gue nyerah dan ga bertanggung jawab atas celetukan konsep asal gue saat itu dan berakibat penarikan ijin kembali nantinya. heehehehe...

Mikiiiiiirrrrrrrrr aja tuh.

TRING!!!!

Gue inget buku Rangga Umara si tukang lele bonafit. Dia pernah bilang, kalo pemula dalam berbisnis jgn coba-coba bikin makanan unik kalo main kuliner, takut jd malah coba-coba, mending liat peluang sekitar yang emang udeh lengket di mulut orang tapi belum di lirik pasarnya.

gue keliling. muter. liat apa coba? GORENGAN...iya gorengan, itu banyak bener yang jual tp ko Laku aja, abis aja, berarti PELUANG kan? tapi masa gue buka kedai gorengan, akhirnya gue muter lagi, ada ketoprak, eh ga jadi deh, itu makanan cepet bikin bosen. apaan dong yah? eh gue liat SABANA, ayam crispy. Nah itu ayam banyak bener tp ko abis aja, laku aja, terusan ko Merek ayam itu macem-macem tp orang gak banyak nuntut. aneh. Berarti gue buletin 1 jawaban gue bahwa AYAM itu LENGKET di lidah masyarakat BEKASI pada umumnya. OKE. cari bisnis olahan dari ayam. list dulu :

Ayam Tulang Lunak
Ayam Bakar siram Madu
Ayam Gulung telur
Ayam Penyet

Duh kok kesannya biasa aja yah...:(
gue mikir ayam bisa dijadiin apaan gitu yah, eh gue inget HOKABENTO, Ayam kan tuh namanya KATSU...gue bikin itu aja,secara bentuk mirip STEAK, Daging juga sama bedanya ini mah bukan mamalia.

Dengan konsep KATSU, gue testing bkin beberapa porsi dengan saus steak yang gue udeh bisa bikin, dengan maksud agar KATSU gue punya diferensiasi lah.

GAGAL.

GAGAL.

GAGAL.

GAENAK.

GAENAK.

ENAAAAAAAAAAAAAAAKKKKK!!!!!!!

yeeeaaaah! alhamdulillah.

nah kebeneran hari itu tanggal 10 september, dimana ultah pernikahan bonyok gue tuh. gue bikin dah supris...apa coba? di loteng rumah gue ada lahan luas bakal jemuran, disana gelap, gue taro bangku juga meja plus lilin, abis isya kelar, bonyok gue ajak keatas dengan maksud mau ngasih kejutan, dan BERHASIl mereka tersenyum. mereka pun duduk dengan membagi bangku dengan kami anak-anaknya. kami berlima duduk, berbincang tapi gak lama aku dan adikku ke bawah ambil makanan yang sudah disiapkan. KATSU STEAK gue...:) PAS 5 PORSI.
Dinner kita semua. Enak kata mereka juga adik gue. Seneng gue.

semua berlalu malam itu.

Paginya,
'kak kamu jadi buka usaha sama ayah?' tanya ibuku
'jadi bu, emang kenapa?'
'sana cari gih kios yang kisaran dibawah 10jt'
'loh?bener nih? (dalam hati ALHAMDULILLAH)
'iya sana yah cari, ibu kerja dulu, nanti kabarin kalau udah dapet.'
'OKE'


Sekian dulu yah dealers, tangan gue pegel. intinya sih ini keajaiban belon kelar, masih BANYAAAAK banget deh. tapi dari itu semua gue tau Allah mulai denger dan jawab doa-doa gue tuh. liat urutannya, tahapan dimana kewajaran dimulai. hehehee...

next gue bakal ceritain keajaiban terbukanya WAROENG KATSU dari mulai dapet kios sampe dagang yah...:)

Assalamualaikum.

1 comment:

  1. Ini wajib baca banget...

    Cara elu, usaha elu, ah bismillah...

    Gue doakan selalu, blog ini bisa terus menginspirasi :)

    ReplyDelete