Thursday 6 September 2012

Baju Koko Rabbani

Ini sudah Jumat. Tadi pagi anginnya dingin. Saat anter makanan sahur untuk tante di beberapa meter sana jauh dari rumah saya. Pakai motor. Saya ingat ada hal memukau hati saya saat saya di bandung beberapa hari lalu. Saya di bandung kurang lebih 3 hari lalu. Kota dimana saya belajar. Menjadi desainer. Sekarang sudah Tamat. Selesai. Jadi sarjana. Tapi malah dagang.


Saya anter temen kosan ke sebuah toko busana muslim. Temen kosan saya yang dulu, dia masih ngekost. Bukan belum lulus ida tuh, tapi masih betah di bandung untuk bekerja. Berangkat ke toko itu. Pilih-pilih. Cobain pakai. Cocok. Bayar. Saya? Diem aja. Ga beli. Ga nyobain. Ga milih juga. Ga ada duit. Saya duduk di tempat nunggu pengunjung. Saya berdoa. Nangis. Saya ngerasa bersalah. Ko bisa begini. Bisa sampai ga bisa beliin buat ayah, buat ibu, buat adik-adik. Padahal harganya wajar. Doa saya saat itu begini,

ya Allah, ini bukan salah saya kan?bukan salah saya memilih jalan untuk mempercepat  menjemput rejekimu lewat bisnis?bukan kan? Kalau bukan,bantu saya mengatasi hati ini, hati dimana saya tidak tega melihat baju-baju muslim itu tak dikenakan oleh keluarga saya. Saya mau beberapa dari pajangan itu ya Allah, tolong antar kerumah. Saya ga punya duit, ga bisa beliin, tp pasti ENGKAU bisa, kan ENGKAU MAHA KAYA, ini semua kan milikmu, bukan milik si Asti Ivo. Ya Allah, hentikan arus kesabaran saya yang kian menipis, lanjutkan pada tahap yang lebih 
segar. Amin. Makasih ya Allah, nanti dilanjut lagi di malam hari, saya mau pulang.’

Saya anter teman saya bayar. Dia nanya mau kemana lagi. Saya mau pulang. Mau tiduran. Dia bilang, kenapa di Bandung Cuma buat tidur?. Oh iya pikir saya, yaudah saya ajak dia ke daerah Kalapa. Ituloh, daerah yang ramai penuh sesak, mirip tanah abang di kota Jakarta.

Ngeeeeeenng….lanjut berangkat naik motor boncengan. Di jalan bergosip tentang mau beli apa disana kelak. Saya sih ngincer tempat grosir jam tangan. Masuk jalur pasar baru. Itu kiri kanan isinya orang semua. Ada juga motor yang saling dempet hanya berjarak 2cm masing-masing. Saya?iya sama. Asap rokok sama asap knalpot sudah bersatu padu membentuk sebuah perserikatan disana. Hangat Bandung sekitar situ. Orang sibuk beli macam-macam, soalnya memang dijual macam-macam di pasar baru.
20 menit berlalu dan sudah sampai di dekat Kalapa. Celingak celinguk. Bukan liat barang, tapi liat lowongan parkiran, kali aja ada. Penuh. Sumpek. Duh, kata siapa sih Indonesia miskin? ini masih banyak aja yang belanja. Celingak celinguk sambil jalanin motor gak kerasa sudah keluar dari kalapa. Aduh. Macet-macetan tadi, perjumpaan dengan perserikatan asap juga udara hangat bandung menjadi terasa percuma. Yasudah dilanjut pulang saja. Dengan tidak pasang muka sebel, saya nyetir motor. Eh kearah Dago pun macet total. Kayanya ada yang lagi mau sunatan atau ambil rapot. Tapi kan ini sudah mau buka puasa. Ini jam 5 sore loh. Cari celah sana sini, untung motor saya rodanya 2, coba 4, pasti itu jadi mobil. Alhamdulillah 20 menit kurang sudah sampai di kosan lagi. Teman saya diem aja. Cape mungkin. Tapi kan dia yang ajak saya kemana-mana. Dia tergelepar seperti udang baskom. Saya intip jinjingan baju muslimnya. Saya jadi inget lagi. Inget kalau mau doa. Saya solat ashar rada telat, tapi tetap minta sama Allah. Minta baju muslim. Buat lebaran sama buat orang tua saya juga adik-adik. Sambil letakin bb saya yang ada gambar baju kokonya tadi saya sempet foto buat nunjukin ke Allah mau yang 
model begitu.

Nangis.

2 comments:

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. Doa yang sama kayak yang gue doain meen,
    hahaha...

    Bisa poy, Pasti, mimpi gua, mimpi elu, meski beda jalan, tetep 1 tujuan kawan...

    La Tahzan,Innalloha ma'ana...

    Kalo Alloh belom ngizinin kita beliin baju dari butiknya astri ivo itu (ASTRI bukan ASTI woi -_-)

    Insya Allah, Alloh ngizinin kita beliin pakaian Ihram sekalian hajinya buat ortu kita, aamiin :')

    EH... TULISAN @WAROENGKATSU lo gue tunggu !
    wajib !

    inget poy :

    rang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tidak menulis, ia akan hilang di dalam masyarakat dan dari sejarah. Menulis adalah bekerja untuk keabadian. (Pramoedya Ananta Toer)

    bukan gue yang bilang,tapi Sama-sama PRAM kan tuh ! hahahaha...

    ReplyDelete