Thursday 6 September 2012

Awal si Bubble

S
udah 3 bulan terakhir saya tidak pernah sepedahan. Bahkan hari ini juga tidak. Bukan tidak mau, tidak suka juga bukan, hanya karena sepeda fixie saya itu mempunyai ban yang tidak baik, sudah mulai kempes. Jalan saja, kemana coba? yah keluar rumah saja mau lihat tukang sayur, mau lihat tukang ayam, mau lihat tukang kueh pancong.
Sebenernya sih cari kue rangi, itu loh yang di bikin sama abang-abang berumur dengan bahannya dari kelapa di cetak terusnya di olesin gula dicampur sagu, kaya aibon.

Setiap jenuh memang begitu. Keluar cari hal yang lagi tidak disukain, tapi nanti suka. Sama kaya kamu ke saya, tadinya pasti tidak suka, tapi sekarang jadi suka. Mudah-mudahan.

Allah Maha Kaya. Semua dagangan di pasar itu kan milik-Nya juga. Say atidka bawa duit ke pasar tapi mau kueh pancong. Jadi doa di jalan. Angkat tangan, letakkan di dekat dada. Dada saya. Sebelum angkat tangan, minggir dulu biar tidak di tabrak becak yang lalu lalang. Ya allah, mau kue pancong deh, tapi tidak bawa duit sayanya, gimana nih? Boleh ambil aja? Tidak di jawab, berarti tidak boleh. Adik saya kalau ditanya mau makan apa tidak, terus nya diem, tidak jawab, berarti dia menolak.

Sampai dirumah. Assalamualaikum. Keruang tamu nemuin adik-adik saya yang lagi menonton apa itu namanya, Ben10 kalau tidak salah. Hidung saya ngendus-ngendus wangi kueh. Liat sekeliling. Si adik lagi ngunyah kueh pancong yang tadi saya doa di pasar. Saya doa lagi jadinya. Angkat tangan. Tidak usah minggir soalnya tidak ada becak yang akan nabrak. Ya Allah, kan saya yang minta, kok adik saya yang ENGKAU kasih? Saya mana?. Nih. Si adik ngasih saya 1 buah kue pancong. Eh kalo kueh itungangnya 1 buah atau 1 biji atau 1 butir?.

Gerah, tadi subuh belum mandi. Di pasar juga banyak wangi yang bercampur aduk, jadi nyampur ke saya. Cebar cebur. Suara saya mandi. Bergegas pakai baju, soalnya kalau pakai handuk saja kan malu. Malu sama orang rumah, sama kamu juga, nanti jadi bayangin yang tidak-tidak.

Ibu menyapa. “mau kemana kak? Tumben sudah mandi.” Tanyanya. “kekamar, mau pakai baju bu.” “yah bukan itu maksudnya, kamu mau kemana pagi-pagi sudah mandi?” Tanya lagi. “oh mau ketemu sama BIG BOSS bu.” “loh memang ada interview minggu ginih?” heran si ibu. “bukan bu, saya mau duha, mau minta duit juga bersyukur atas pancong yang saya terima pagi ini.” “oh” tandasnya.

8 rakaat sudah tertunaikan. Saat berdoa saya bilang sama Allah begini, “Ya Allah, ibu kenapa yah mau saya kerja terus? Saya kan mau jadi pengusaha yang bikin orang-orang kerja sama saya, mau bikin ibu sama ayah jadi lebih bangga, kan pengusaha itu pasti kaya harta juga kaya hati, Allah tunjukin dong ide-ide cemerlang sebagaimana Engkau telah menyajikan otak kreatif ini di tubuh saya. amin. Oh iya, saya minta modalnya juga buat mulai usaha, nanti di bagi deh kalau dapat untung. Tapi tidak bisa banyak-banyak baginya, soalnya ada hak buat pegawai juga keluarga saya ya Allah, tidak apa-apa yah?” angguk-angguk merasa cukup. Usap tangan ke muka menandakan udahan doanya.

Ikhtiarnya dimulai. Bawa raket sama kok. Kemana?. Keluar rumah pokoknya. Kerumah pacar. Sudah 1 hari semenjak malam lewat saya belum bertemu dia. Rumahnya beda. Kamarnya juga. Apalagi kamar mandinya sudah beda sekali.

“Assalamualaikum.” “walaikumsalam” pacar menjawab,
“kamu pagi-pagi ngapain dateng?” “lah kan kata kamu kemarin saat bintang bersinar kamu bilang mau main bulu tangkis sama aku.” “oh iya.”
“Nyengir. “nih raketnya” “bentar aku ganti celana dulu” “ngapain?udah itu aja bagus motif bunga” “ ga ah, mau yang motif macan.” “-____-.”

Saya berdiri di sebrang dia. Berlawanan. Saya pegang kok nya. Diem dulu sampai dia bilang siap. Dia diem aja. Saya juga. Terus dia teriak sedikit,

“KAPAN MULAINYA?”.
“HARI INI!” “yaudah cepetan nanti keburu panas.”
 “emang kenapa kalau panas?” “jadi gaenak.”
“Nanti beli es batu deh biar seger.” “buat apa?”
“kan panas gaenak kata kamu.” “cepetan ah, mau main ga?”
“ok.”

Keputusan akhir tidak tahu siapa yang menang. Mainnya acak-acakan. Asal senang. Asal keringetan. Asal-asalan saja. Namanya juga ‘main’ yah tidak usah serius, kalau turnamen tuh baru serius. Masuk rumahnya. Duduk depan tv ada filem dragonball. Minta minum. Tadinya hampir tidak dikasih, soalnya saya mainnya curang kata dia. Kan tidak ada wasit. Jadi bebas. Kata dia saya mainnya pake ‘smash’ terus jadi susah di tepisnya. Aneh. Emang tidak boleh yah? Yaudah besok main yang tidak ada smash nya aja. Main playstation aja.
Saya disana sampai siang. Dikasih mamahnya makan juga. Baik. Enak pula. Ayam goreng, sambel cobek, timun. Sudah selesai, siap-siap pulang. Mau mandi. Kerumah Bigboss juga. Gantian berkunjungnya.
                
          “assalamualaikum.” “darimana kak?” ibu nanya.
“ngadu bulu tangkis bu sama keturunan susi susanti bu”. “yang bener ah, darimana?”
“dari rumah tya bu, numpang makan sama main bulu tangkis, Olahraga minggu pagi.”

Ambil anduk. Masuk kamar mandi. Cebar cebur. Keluar dan siap-siap ketemu Allah. Pakai koko sama peci biar gagah kaya ustad Yusuf Mansur. Di masjid masih sepi. Belum adzan. Bukan saya yang harus adzan, ada marbotnya. Salat tahiyatul masjid dulu. Allahuakbar. Diem dulu yah. Selesai. Imam masuk. Imam itu pemimpin solat, bukan teman kostan saya. Allahuakbar. Diem dulu. Solat dulu yah. Kamu juga. Sanah.
Doa lagi deh saya. Doa apa?. Doa minta di kasih ide kreatif setiap hari mulai dari hari ini. Pulang sudah. Kemana lagi yah?. Saya lagi ingin jajan, tapi apa?. Sms pacar.
               
                ‘be, kamu sibuk?’
                ‘ga, knp?’
                ‘anter yu’
                ‘kemana sih siang2 panas gini?’
                ‘jajan es’
                ‘es apa?’
                ‘apa aja, asal bukan es batu, yu!’
                ‘yauda samper yah’
                ‘OK’

Assalamualaikum. Saya lagi gagah. Naik motor metik merah hitam, pakai jaket kulit hitam, helm hitam sudah SNI, celana pendek jeans. Meluncur deh bareng si pacar. Muter sana sini liatnya hanya es kelapa sama es buah, bosen. Bukan bosen minumnya, bosen liatnya. Itu dipojokan narogong ada es baru. Melipir. ‘BUBBLE DRINK’.  Apa nih yah?. Oh popice. Bukan kata pacar saya, ini kaya hophop yang ada di mall itu. Ok. Order 2 deh. Sambil nunggu saya banyak tanya ke penjualnya yang notabene ibu-ibu.
                 
                “bu ini rasa taro apa yah?” “oh ini rasa tales dik”
                “enak bu?” “ya enak dong”
                “saya mau deh 1 yah.” “tunggu yah.”
                “ tunggu dimana bu?” “disini aja”
                “Oh siap.”
                “oh iya bu, ini modalnya berapa yah? Omsetnya bagus?” “kenapa dik? Minat yah?”
“ iya bu, lumayan yah punya 1 booth begini juga.” “iyah, ini modalnya kalau adik minat waralaba aja, Cuma 10jt sudah siap jualan kok.”
“-___- oh gitu bu, nanti cari modalnya dulu deh” “oke, hubungin ibu aja disini.”

Pulang sambil nyedot bubble drink. Si pacar nanya, ‘enak ga?’ ‘enak kok’ saya jawab. ‘cobain dong ‘ ‘ga ah!’ ‘pelit!’ ‘tukeran dong’ ‘oke’ srupuuut...’enak yah taro nya’ kata pacar saya. ‘ngangguk’ sambil nyedot terus.
Sampai rumah. Rumah pacar bukan rumah saya. Kan anter dia dulu, soalnya saya yang jemput. Kalau kamu yang jemput yah kamu yang anter. Tapi kalau kamu yang jemput nanti saya marah, soalnya saya cemburu.
Berbincang den soal minuman itu. Terfikir ide untuk menjualnya juga. Cari tau dimana ada yang jual bahan bakunya yang berupa serbuk perasa itu. Liat kontak BB, cek kali aja ada temen yang tukang jualan dan punya kenalan penjual serbuk bubble drink. Tidak ketemu. Diem. Mikir. Oh ada internet. Saya lekas pulang. Pamit. Salim dulu sama mamahnya. Pacar saya tidak ikut salim. Saya juga tidak salim ke dia.
Komputer telah menyala. Colok modem. Connect. Kaskus, google, toko bagus, berniaga. Kelihatan.

Permisi agan, sistah...saya menawarkan powder untuk bubble drink nih. Bisa di liat foto produknya. Kelebihannya produk kami adalah :
·         Lebih padat, jadi lebih penuh saat di tempatkan di gelas
·         Rasa sudah cukup manis jadi tidak usah pakegula lagi jadi mengurangi cost gula
·         Ada banyak varian rasa
·         Dibuatnya homemade alias buatan rumah jadi aman
·         Tercampur dari gula murni, dijamin alami
Ada 11 rasa :
·         Chocolate
·         Vanilla late
·         Cappuccino
·         Melon
·         Strawberry
·         Mocca
·         Caramel
·         Bubblegum
·         Chocotaro
·         Taro
·         Blueberry

Buat yang mau bisnis minuman, ini salah satu pilihan. Harga per kilonya 65rb. Minimal order 2kg. kalau serius bisa hubungin 0856xxxxxxxx. Jarang OL gan.
SMS pun meluncur nanya lokasi. Nego harga. Order rasa. Janjian untuk ketemu. Ketemuan deh.


*ditulis dikamar saya di lantai 2 rumah ibu saya.

1 comment:

  1. Terharu nih gue bacanya...

    :')

    udah lama nggak mampir kesini, dan elu nulis sejarah ini...

    Bismillah, gue selalu doakan kawan... :)

    ReplyDelete