Tuesday 19 March 2013

NANTANG SEDEKAH part 1



Suatu hari dikala siang dimana matahari begitu amat semangat menerangi bumi dengan sinarnya yang membahana saya duduk di depan kedai waroeng katsu. Merenung sambil liat-liat TL di twitter.
Hari itu hari selasa  tanggal 5 maret 2013 ada yang aneh, tanggal muda tapi kok kedai ini berasa sepi seperti hati para jomblo diluar sana. Ada yang beli pada pukul 11 kala itu 1 orang, Alhamdulillah order 2 paket ayam kake seharga 10000 untuk tiap porsinya, karena beli 2 porsi jadi 20000 deh.

Jumlah pembeli bertahan hingga solat dzuhur telah diselesaikan di masjid. Sepulang dari masjid balik lagi duduk merenung liat TL, stalking, sekalian iseng ngajak chat temen yg rada nganggur di bbm. Iseng emang gak kenal waktu,tiba-tiba udah jam setengah 2 siang aja nih, mikir kok sepi banget, eh tersirat ucapan salah satu selebtwit yang bernama masmono kala itu, begini bunyinya ‘jikalau kau merasa rejekimu terhambat, tabrak lah dengan sedekah’.

20000 ada di kaleng pemasokan hari itu. Baru mau di pecahin jadi recehan, ada aja yang dating, ibu RT menagih uang untuk penyemprotan nyamuk DBD sebesar 7000 rupiah, mau gak mau yah bayar. Sisa uang  13000 rupiah lagi nih, ngeliat kipas angin kabelnya pendek di dalem ruangan jadi ingin beli kabel, belilah 2000 sepanjang 2 meter. Sisa uang 11000, saya kala itu belum makan dari pagi, niat mau makan ketoprak, eh emang dasar kudu sedekah kali, jadi ga lewat-lewat tuh tukang ketoprak.

Jam 13.30 saya putuskan buat nyemplungin aje tuh 10000 sisain serebu di kaleng, biarin dah kagak makan asal rame nih kedai, pikir saya begitu kala itu. Plung! Kelar. Cuma tinggal serebu nih di kaleng, tp say amah gak ambil pusing, abis nyemplungin langsung angkat tangan, doa dah sama ALLAH, 

‘ya Allah..tuh uang ude saya cemplungin buat ENGKAU, semoga gak lagi saya jadiin ENGKAU calo yang di bayar terakhir saat udah dapet rejeki baru ngasih, nih saya kasih di awal sebagai tanda saya percaya kuasa MU, tp saya belum makan juga nih ya ALLAH, laper..mau ketoprak, bener deh enak kali nih makan siang-siang gini yang pedes, tp kalau emang ga jodoh sama ketoprak, saya makan mie aja juga gak apa-apa kok, asal ramein yah, ini setengah 2 ya allah, kalau jam 2 belum ada yang beli, saya mau masak mie, mau makan yah (ceritanya nantang nih)’

FYI saya sering banget nih nantangin temen-temen semua buat isi keyakinannya sama yang begini-gini nih, semisal ada tuh beberapa temen bilang ‘lokasi terlalu pojok nih sulit keliatan,jadi bikin sepi’ saya Cuma jawab ‘loh yang datengin pembeli tuh Allah, kalem aja, ente juga nyampe kan kemari, emang siapa yang nuntun?Allah tuh kerjaannye’. Diem deh. Hehehee… atau ada yang bilang tuh ada mobil di tikungan yang parker jadi ga keliatan kedai lu tuh, saya bilang lagi, ya elah mobilnya ga keliatan kok kalau allah mau mah, kalem aja, udah ada aturannya, saya mah yakin ajalah mau gak ada mobil juga tetep aja kalau Allahnya gak ridho, SEPI. Diem deh.

Lanjut deh, terus abis doa itu saya diem lagi, solawatan, sambil bbman sama siapa aja yang bias di ajak ngobrol saat itu, gak berasa jarum jam yang panjang udeh ke angka 9 aja nih, udah deh saya nyerah, diri, siap-siap masak mie. 

Mie dengan nasi 2 centong ditambah segelas air putih yang di beri es batu didalamnya sehingga menimbulkan embun-embun menggugah selera telah saya ciptakan. Piring dan gelas berisi santapan saya sandingkan di meja sambil saya menggenggam garpu juga sendok. Bismillah, mie di angkat beberapa lembar yang siap masuk ke mulut yang sudah memiliki penantian cukup panjang. 

GREEEEEENG!!BREEEEEMMM!!!CKIIIITTT!!! (suara agak di lebihkan sedikit agar terkesan heboh) itu suara anak-anak SMA sedang parkir motor di depan kedai, ada 6 orang, beberapa dari mereka menelusup masuk dan duduk di meja-meja yang sudah saya sediakan sejak beberapa bulan lalu di luar sana. Mie yang sudah di garpuh dan siap dilahap itupun terpaksa turun lagi dari singgasananya. Gak jadi makan.

‘maaf, ini menunya, silahkan tulis’
‘iya mas makasih, tunggu yah mas’
‘silahkan…’

Mereka pun mengorder macam-macam hingga saya sendirian kelimpungan tapi karena basic  saya adalah anak IPA yang sigap menghadapi apapun kemungkinan di lapangan, jadi terlihat tenang dan santai. 

Pesanan selesai, anter, mereka makan saya juga makan, tapi gak bareng mereka makannya, saya makan deket kompor aja, biar anget, udah lama dingin soalnya hati ini, eh…cukup.

Bayar deh mereka setelah sekian jam mereka makan yang banyakan ngobrol daripada makan. Total di hitung sama saya. Dan ternyata 109.000 rupiah, saya nyengir kuda. Bener-bener malu sama Allah. Itu jam berapa hayo? Jam 2 mereka dateng dan makan di kedai, dan inget gak kalau di doa saya tuh saya nantang Allah buat datengin pembeli jam 2 siang dan saya nyerah jam 2 kurang 15 menit, eh Allah tetap nepatin janjinya walau sayanya udah nyerah di deket-deket waktu yang ditentukan. Memang gak akan pernah kecewa kalau bikin janji sama Allah deh. Eh terus apa lagi ajaibnya? Yaitu orderan mereka 109 ribu, kan saya sedekahnya 10 ribu, berarti itu 10x lipatnya kan? Bener kan yang di janjiin Allah tuh? Tp pas di kabulin itu saya langsung bilang lagi, 

‘ya allah makasih nih udeh dikasih 10x lipat, tapi bukannya bisa sampe 700x lipat yah? Jangan setop di sini yah..:) *senyum* ‘

Eh tau gak? Bener loh di Kabul lagi, setelah pendatang anak SMA td terus-terusan deh dateng pembeli hingga saya tutup jam 10, omset kala itu 300 ribu lebih deh, masya Allah..subhanallah…sampe malu beneran deh. Makasih Allah. Pulang cengar cengir.
Di motor saat perjalanan pulang saya bilang, loh berarti bisnis sama Allah mah gampang yah, mau punya uang berapa, kasih aja 10% nya yah, oke besok lagi deh. Bismillah.
Selesai dulu, nanti lanjut kisah part 2 nya yah.

No comments:

Post a Comment